Alat musik bagi seorang musisi merupakan hal yang terpenting yang harus dijaga dan dirawat. Selain cenderung memiliki harga yang relatif mahal maka harus dirawat, kesehatan dan performanya pun harus tetap dijaga agar terus bisa menghasilkan sebuah alunan melodi yang indah.

Nah, salah satu alat musik yang banyak dimiliki oleh seorang musisi adalah gitar. Aneka macam gitar itu, ada yang elektrik dan ada yang akustik. Biasanya gitar akustik itu paling banyak diminati oleh banyak orang, karena dianggap lebih mudah cara penggunaanya, suara yang dihasilkan lebih natural, dan tidak membutuhkan asesoris penunjang tambahan seperti speaker, listrik, dan kabel.

Merawat gitar merupakan salah satu cara untuk membuat gitar tetap nyaman dipakai dan tahan lama. Merawat gitar juga ada caranya, meskipun gitar akustik terbuat dari kayu, bukan berarti kita hanya mengelapnya dengan air basah seperti kita membersihkan meja atau jendela, karena ada banyak sekali kerugian yang dapat terjadi apabila tidak dirawat dengan baik, contohnya seperti leher atau stang gitar melengkung atau bahkan gitarnya keropos karena kelembaban. Hal tersebut itu bisa membuat gitar memiliki bunyi yang tidak nyaring dan mudah patah atau rusak, lho.

Berikut ini adalah tips dan cara merawat gitar akustik yang Studiomusik.id berikan untuk kamu semua lakukan dan praktikkan dirumah:

1. Memiliki case atau rumah gitar

(image credit : pinterest)

Case adalah tempat untuk menyimpan gitar yang biasa kita lihat seperti tas, kegunaannya adalah untuk melindungi gitar dari debu, kotoran dan benturan dengan benda lainnya yang bisa mengakibatkan body gitar bisa tergores dan lecet.
Case gitar ada dua yang hardcase dan softcase. Hardcase biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik yang cukup kuat dan tebal, terbukti sangat aman untuk melindungi gitar dan cocok sekali dimiliki oleh gitaris yang sering mengadakan tur dan bepergian. Tapi kalau gitar kamu digunakan jarang-jarang, sebaiknya kamu simpan di dalam case.

2. Kendorkan Senar Gitar

(image credit : ebay)

Jika kamu berniat untuk menyimpan gitar dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kamu harus kendorkan senar gitar terlebih dahulu karena ini adalah salah satu cara merawat gitar agar kualitas selalu dalam kondisi baik, karena jika tidak itu akan mengakibatkan kerusakan atau pembengkokan pada bagian leher gitar anda.

3. Mengganti Senar Secara Rutin

(image credit : e-meow)

Coba deh untuk biasakan selalu mengganti senar gitar kamu jika senar sudah berkarat atau sudah dirasa akan putus karena bukan hanya tidak enak dimainkan tapi warna suaranya juga menjadi tidak karuan dan merusak fret gitar. Selain itu, usahakan selalu mengganti senar dengan satu set, jangan separuh – separuh, karena perbedaan suara terlihat jelas saat salah satu senar diganti dengan yang baru.

4. Senar Gitar Harus Selalu Bersih

(image credit : guitar answer guy)
Usahakan senar gitar kamu selalu dalam kondisi bersih dengan cara setiap kali kamu selesai bermain bersihkan senar dengan dilap. Nah, paling tidak seminggu sekali kamu bersihkan. Para peneliti beranggapan bahwa saat bermain gitar, sering sekali tidak disadari bahwa manusia mengeluarkan keringat cukup banyak dari tangannya, hal ini dikarenakan kinerja otak dan gerak tangan yang cukup menguras energi. Apabila kamu tidak rajin membersihkan senar, maka jangan heran jika timbul karat di senar gitar kamu. Selain itu, senar yang berkarat bisa merusak fret gitar kamu, lho, sehingga kemudian hari kamu bakal sadar bahwai beberapa nada yang kamu petik di gitar suaranya cempreng dan cenderung tidak enak didengar karena senarnya menyentuh fret yang terkikis.

Berikut tips dari Studiomusik.id buat kamu semua yang punya hobi main gitar atau punya alat gitar/ Yuk, mulai rawat kondisi gitar kamu dengan tips-tips di atas. Jika kamu punya tips lain, silahkan share di kolom komentar di bawah ini yah!

Share with: