Pernakah kamu mencoba melakukan rekaman suara ketika lagi bernyanyi didalam studio?

Yap, pastinya suara yang dihasilkan dalam rekaman akan terdengar buruk dari suara asli kamu. Nah, disini kamu gak perlu khawatir ataupun jadi down karena suara kamu terdengar tidak enak, karena banyak penyanyi dari yang profesional dan tidak pun pernah mengalami hal yang serupa ketika pertama kali melakukan rekaman didalam studio.

Tapi, tenang saja itu tidak terjadi selamanya, karena Studiomusik.id punya beberapa tips dan trik buat kamu yang ingin mendapatkan hasil suara bernyanyi yang baik ketika sedang rekaman:

 

(image credit : yokee)

1. Melakukan Persiapan Sebelum Rekaman
Melakukan persiapan itu selalu menjadi hal yang terpenting, jadi buat seorang penyanyi sebelum rekaman, kamu harus pastikan semua sudah ready untuk direkam dan jangan terburu-buru kejar tayang. Apalagi untuk penyanyi yang baru menginjakan kaki di studio rekaman, kamu akan merasa terintimidasi sekali dan berpotensi mengeluarkan suara yang tidak maksimal. So, you must practice a lot before recording.

Untuk meminimalisir kesalahan, kamu juga bisa mencoba untuk melakukan rekaman sendiri melalui smartphone ataupun alat rekam lainnya yang bisa kamu gunakan, sehingga kamu bisa mendengarkan kembali untuk mencatat bagian mana yang terdengar enak dan tidak enak. Jadi, tetapkan nada yang tepat dan perhatikan setiap nada yang yang rentan membuat suara kamu terlihat buruk, untuk menghindari membuang-buang waktu didalam studio dengan terlalu banyak mengulang atau melakukan auto-tunning. Salah satunya kenapa latihan itu penting sekali juga untuk membantu kamu mengingat setiap lirik dan nada pada lagu.

(image credit : e bay)

2. Teknik Mikrofon
Salah satu hal yang penting dalam melakukan persiapan sebelum rekaman bagi seoarang penyanyi adalah cara berdiri didepan mic. Didalam studio, jarak mulut kamu dengan mikrofon harus sama sepanjang lagu ketika rekaman, karena jika kamu gelisah dan menggerak-gerakan kepala, kamu dapat merusak rekaman. Jadi, ada beberapa teknik mic yang harus kamu perhatikan saat rekaman:

  • Volume Control
    Jika kamu ingin mendapatkan suara yang lembut kamu bisa maju lebih dekat kearah mikrofon dan untuk mendapatkan suara yang keras kamu bisa lebih mundur jaraknya dari mikrofon.
  • Hindari Popping dan Sibilance
    Mengucapkan kata-kata yang mengandung P dan B yang menghasilkan semburan ekstra udara dikenal sebagai popping dan mendesis berlebihan ketika mengucapkan kata-kata yang mengandung S dan F dikenal sebagai Sibilance. Mungkin kamu tidak akan menyadari hal-hal itu ketika berbicara sehari-hari, tapi jika melakukan rekaman itu akan terdengar sangat jelas sekali. So, menyesuaikan angle dan jarak kamu dari mic akan membantu mengurangi popping dan sibilance.
  • Kontrol Pernapasan
    Nah, karena mikrofon yang dipakai dalam studio itu sangat sensitif sekali, kamu juga harus bisa mengatur pola pernapasan kamu. Jika kamu ingin menghambil napas, coba arahkan kepala kamu kesamping sedikit, sehingga suara napasmu tidak begitu terdengar didalam rekaman.

3. Pilih Mikrofon Yang Tepat
Sebelum rekaman, bagi seorang penyanyi mikrofon yang tepat juga sangat berpengaruh pada hasil rekaman. Ketidakcocokan mikrofon dapat mendistorsi kualitas suara kamu. Jadi, untuk menentukan mana mic yang cocok untuk digunakan, kamu bisa mencoba merekam 3 lagu terpisah tanpa merubah EQ dan volume pengaturan dan kemudian kamu dengarkan kembali sehingga kamu bisa tahu mana mic yang pas untuk kamu.

(image credit : the lokkz music)

4. Berkomunikasi Lewat Lagu
Ketika kamu menyanyikan sebuah lagu, cobalah untuk menjadikan lirik pada lagu sebagai bagian dari perasaan yang ingin kamu utarakan. Berarti, setiap kata-kata yang kamu ucapkan harus menggunakan emosi. Sehingga, apa yang ingin diungkapkan dalam lagu pun tersampaikan dan kamu jadi mempunyai gaya unik tersendiri yang bisa dirasakan oleh pengguna. Hal itu pun berpengaruh terhadap kenyamanan bernyanyi didalam studio.

 

(image credit : pixabay)

5. Penyampain Lagu
Biarkan suara dan emosi kamu ketika bernyanyi sampai ke jantung pendengar kamu. Jadi walaupun kamu melakukan rekaman, coba bangkitkan energi dan kepercayaan diri kamu sama seperti kamu melakukan live performance. Hal ini memang sulit dilakukan, tapi kamu bisa atasi dengan membayangkan bahwa kamu bernyanyi untuk seseorang yang berada dalam studio dan menjadikan lirik sebagai kata-kata atau ungkapan yang ingin kamu sampaikan pada seseorang itu.

Nah, berikut 5 hal yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan hasil rekaman suara yang baik bagi seorang penyanyi. Pada intinya, kamu harus terus mencoba dan berlatih untuk mendapatkan hasil rekaman yang kamu terbaik. Jadi, tetap semangat yah!

 

(thumbnail image credit : handsinmotionmusic)

Share with: