Apa kamu tahu kalau hari ini tanggal 9 Maret merupakan Hari Musik Nasional?  Pada tahun 2013 silam, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional yang dapat dirayakan oleh seluruh penikmat musik Indonesia dan dijadikan sebagai ajang untuk kita dapat lebih mencintai musik-musik tanah air.  Dengan adanya Hari Musik Nasional ini, dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional dan internasional. Hari Musik Nasional ini diusulkan oleh Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI).

(Image credit: Kebudayaan Indonesia)

Selain itu, 9 Maret dipilih sebagai tanggal Hari Musik Nasional karena bertepatan dengan kelahiran Wage Rudolf Soepratman atau yang biasa dikenal dengan WR Soepratman. Wage Rudolf Soepratman lahir pada 9 Maret 1903 dan wafat  pada 1938. Beliau merupakan pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, yang pertama kali dipertunjukan pada Kongres Pemuda II tahun 1928 dan berhasil dikumandangkan pada hari pembacaan teks proklamasi 17 Agustus 1945. Lagu Indonesia Raya pun masih terus dinyanyikan oleh seluruh masyarakat Indonesia ketika perayaan 17 Agustus maupun dalam kegiatan upacara. Tidak hanya “Indonesia Raya”, lagu “Ibu Kita Kartini” yang biasa dinyanyikan setiap tahunnya pada tanggal 14 April, juga merupakan salah satu karya  beliau.

 

Di Hari Musik Nasional ini, baiknya kita juga turut mengapresiasi bermacam musik  tanah air. Tidak hanya musik dengan lirik bahasa Indonesia, tapi juga bagaimana kita dapat menghargai dan mencintai musik-musik nasional lainnya yang pernah menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu.
Jika kamu ingin turut andil dalam perayaan hari Musik Nasional ini, share yuk di kolom bawah ini lagu perjuangan nasional mana sih yang paling kamu suka!

Share with: