Kalau sebelumnya kita pernah membahas para musisi Indonesia yang terkenal di dunia, sekarang Studiomusik.id ingin membahas alat musik tradisional Indonesia yang ternyata cukup terkenal dan dikagumi oleh para pecinta musik dunia.

Indonesia memang kaya dalam segala hal, salah satunya yaitu musik. Beraneka ragam musik dan alat tradisional yang mendunia, membuat Indonesia semakin terlihat mempesona di mata dunia. Berikut Studiomusik.id rangkum beragam alat musik yang populer di mata dunia:

Photo source : Indonesia-Tourism.com

1. Gamelan
Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari pulau Jawa dan paling diminati oleh musisi dunia. Bahkan, beberapa lembaga pendidikan musik di Amerika Serikat dan Selandia Baru memuat kurikulum yang mengajarkan tentang gamelan dari penggunaan maupun sejarahnya. Beberapa negara yang memasukkan gamelan dalam kurikulum mereka diantara di New Zealand School of Music (NZSM) di New Zealand. Di Amerika sendiri, gamelan sudah masuk di beberapa kurikulum universitas seperti California University, San Jose University, dan Lewis and Clark College.

Pada tahun 1986, gamelan juga pernah digelar dalam ajang Festival Gamelan Dunia di Kanada. Tidak hanya itu, Singapura dan Jepang pun turut mengadopsi gamelan sebagai media belajar di sekolah-sekolah, karena gamelan dianggap sebagai musik kelas atas yang iramanya dapat membuat rileks dan lembut di telinga.

Photo source : bandungtraveler

2. Angklung
Setelah sebelumnya diklaim oleh Malaysia, pada tanggal 18 November 2010, alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat ini telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai alat musik warisan dunia yang benar-benar aseli dari Indonesia.

Alat musik angklung ini sangat terkenal di dunia, setelah sebelumnya mampu menyihir sekitar 500 penonton di teater Montgemory College Cultural Arts Center, di Amerika bertajuk “Pulau: The Angklung Concert”. Lalu, ada juga konser angklung di Paris yang dipersembahkan oleh Saung Udjo dari Bandung, berhasil membuat takjub penonton pada saat itu, bahkan hingga mengajak para penonton untuk ikut terlibat di atas panggung.

Photo source : kolintang-usakolintang-usa.tumblr.com

3. Kolintang
Alat musik satu ini, terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar dan untuk memainkan alat musik Kolintang memerlukan minimal 5 orang. Banyak sekali orkestra-orkestra di luar negeri yang menggunakan kolintang sebagai salah satu instrumennya. Bahkan saat ini kolintang sedang dalam proses didaftarkan ke UNESCO sebagai warisan peninggalan dunia milik Indonesia

3 alat musik tradisional di atas, seharusnya membuat kita bangga menjadi warga negara Indonesia. Hal ini pun juga seharusnya dapat menjadi motivasi kita untuk terus berkarya di dunia musik dan tidak meninggalkan musik-musik tradisional kita.

 

Share with: